Komandan Tiga Matra TNI di NTB Silaturrahmi ke MAS, Pemucuk: Siap Kolaborasi Untuk Rakyat

Komandan Tiga Matra TNI di NTB bersama Pemban Adat Gumi Sasak

(Senin, 10/1/2022) Majelis Adat Sasak menerima kunjungan silaturrahmi Danrem 162 Wira Bhakti, Danlanal Mataram, dan Danlanud ZAM. Ketiganya nampak kompak memasuki Pejanggik 19, kediaman Mamiq Azhar selaku Pemban Adat Gumi Sasak. Kegiatan yang berlangsung hampir tiga jam ini berlangsung hangat dan penuh kelakar. Di sela-sela pertemuan, banyak isu-isu kemasyarakatan sempat mengemuka.

Tiga Kolonel TNI tiba di Gedeng Pemban

Ketua BP MAS mengawali kegiatan dengan pengenalan lini organisasi MAS beserta peran-peran yang ada di dalamnya. Beliau juga menjelaskan pembagian paer sebagai pembagian kewilayahan kepemangkuan adat Sasak di Pulau Lombok yang dikoordinir oleh seorang Pemucuk Wali Paer, yaitu Prof. Ir. H. Mansur Ma’shum, Ph.D. Untuk kerja-kerja di lapangan, Badan Pelaksana adalah unsur kelembagaan MAS yang diberikan kewenangan oleh Dewan Wali Paer dengan persetujuan Pemban Adat Gumi Sasak, pungkasnya. Kemudian, penyampaian ucapan selamat datang kepada ketiga komandan TNI diberikan oleh Pemucuk Wali Paer. Beliau mengharapkan ke depannya MAS dapat menjalin kolaborasi yang semakin kuat dengan TNI untuk menciptakan stabilitas demi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pemucuk Wali Paer berikan sambutan selamat datang kepada ketiga komandan

Danrem Wira Bhakti, Kolonel CZI Rudy Irham Srigede yang baru saja dilantik 23 Desember 2021 lalu menyampaikan maksud kedatangannya untuk sowan sekaligus meminta restu terkait penugasannya kembali ke kampung halamannya di NTB. Rudy juga mengajak kedua koleganya pimpinan angkatan laut dan angkatan udara di NTB untuk sekalian berkenalan dengan MAS. Beliau mengutarakan rasa gembiranya ditugaskan kembali di NTB menjelang masa purna tugas sebagai prajurit TNI. Ini sebuah anugerah, ungkapnya. Rudy kemudian menyampaikan apresiasi atas sambutan MAS. Saya senang sekali bahwa khasanah kebudayaan Sasak ternyata telah diurusi dalam organisasi yang memiliki struktur yang lengkap.

Danrem 162 Wira Bhakti menyalami Mamiq Azhar

Danlanud Zainudin Abdul Majid, Kolonel Pnb Khairun Aslam mengucapkan syukur bahwa setelah setahun bertugas di Lombok, dirinya akhirnya berkesempatan bertemu dengan kepemimpinan adat Sasak. Saya mengoleksi sebuah keris khas Sasak sejak awal-awal di sini, akhirnya bertemu dengan MAS. Ini sebuah takdir yang menyenangkan, akunya. Hal senada disampaikan Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Djawara Heny Twies Whimbo A. yang baru dua hari memulai masa penugasannya di Lanal Mataram. Beliau bahkan memberanikan diri menggunakan beberapa kosakata bahasa Sasak alus ketika menyampaikan pidato perkenalannya. Mohon agar saya diberikan dukungan selama bertugas di sini, imbuhnya.

Suasana diskusi MAS dengan Tiga Komandan Matra TNI di NTB

Kedatangan tiga petinggi TNI di NTB ini disambut hangat oleh Pemban Adat Gumi Sasak, Drs. H. Lalu Azhar. Meskipun telah lingsir (sepuh), Mamiq Azhar dengan jelas menyampaikan beberapa petuah kepada semua hadirin. Beliau berharap, TNI dan MAS dapat bersinergi guna menjaga keamanan dan mengoptimalkan potensi yang ada di masyarakat NTB. Saya berharap agar semua pihak bersama-sama menjalankan peran sebaik-baiknya demi masyarakat, pungkasnya.

Dialog berlangsung akrab antara MAS dengan TNI

Di ruang pertemuan nampak hadir juga perwakilan wali-wali paer, tuan guru, cendikiwan, dan barisan bini (perempuan) Sasak. Peserta melontarkan beberapa isu dan harapan guna dapat ditindaklanjuti bersama. Salah satunya adalah ajakan membuat komitmen bersama TNI untuk melestarikan dan merevitalisasi khasanah kebudayaan Sasak. Setelah dialog santai, kegiatan diakhiri sesi foto bersama (ial).

Perwakilan Bini Sasak yang ikut hadir di Pejanggik 19

Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *