Temui Pimpinan MAS, Kapolda NTB yang Baru: Bukan Teman, Tapi Keluarga

(Rabu, 5/1/2022) Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, Irjen Pol Djoko Poerwanto yang baru dilantik di penghujung tahun 2021 silam menggantikan Irjen Pol Mohammad Iqbal melakukan kunjungan silaturrahmi dengan pimpinan Majelis Adat Sasak. Didampingi dua orang direkturnya, orang nomor satu Polda NTB itu diterima di Gedeng Pemban Adat Gumi Sasak, Drs. H. Lalu Azhar yang didampingi jajaran pimpinan MAS.

Pemban Adat Gumi Sasak, Mamiq Azhar menyampaikan ucapan selamat datang

Lalu Bayu Windia selaku Ketua Badan Pelaksana MAS mengawali kegiatan dengan memperkenalkan seluruh jajaran pengurus MAS yang hadir serta profil umum majelis. Di antara hadirin, selain perwakilan Dewan Wali Paer dan Pengurus BP MAS, nampak hadir juga perwakilan dari Barisan Bini (Perempuan) MAS. Bayu juga menjelaskan peran-peran utama kelembagaan MAS yang terdiri atas Pemban, Dewan Wali Paer, dan Badan Pelaksana.

Ketua BP MAS, Lalu Bayu Windia memandu acara silaturrahmi

Selanjutnya, Miq Azhar selaku Pemban Adat Gumi Sasak menyampaikan ucapan selamat datang dan memberikan pandangan bagaimana masyarakat adat Sasak hidup dalam keharmonisan dengan berpegang tegung pada tatanan yang telah diwarisi secara turun-temurun. Beliau juga menyampaikan bagaimana MAS telah membangun komunikasi yang baik dengan Kapolda sebelum-sebelumnya. Miq Azhar juga menyelipkan pituah-pituah bijak kepada segenap hadirin tentang sikap dan perilaku bermasyarakat.

Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto menyimak penjelasan Ketua BP MAS

Setelah menyimak penyampaian Pemban, Irjen Pol Djoko Poerwanto menyampaikan penghargaan atas sambutan dari MAS. Beliau menekankan bahwa kehadirannya di NTB agar disambut layaknya keluarga, bukan hanya teman. Saya mengenal baik beberapa orang Lombok ketika mengikuti pendidikan karir kepemimpinan. Saya merasa tidak asing berada di sini karena teman-teman saya waktu pelatihan keduanya pernah dan masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi NTB, imbuhnya. Jendral Bintang Dua ini banyak bercerita tentang pengalamannya selama mengikuti pendidikan kepemimpinan bersama kedua temannya itu, H. Rosiady A. Sayutie, Ph.D. dan Drs. Lalu Gita Ariyadi, M.Si.

Kegiatan silaturrahmi dilangsungkan secara terbatas dengan prokes Covid 19

Penyampaian selanjutnya dari Pemucuk Wali Paer, Prof. Ir. H. Mansur Ma’shum, Ph.D. yang menyampaikan selamat bertugas di NTB. Beliau juga menghadiahkan buku biografi dirinya sebagai penanda purna tugas sebagai akademisi di lingkungan Universitas Mataram. Setelah sesi do’a bersama yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Saiful Muslim, Dewan Penglingsir yang juga Ketua MUI NTB, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang santai. Acara berjalan dengan akrab dan penuh canda tawa layaknya pertemuan keluarga. Di akhir acara, Miq Azhar dan Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama seluruh hadirin berfoto bersama di pelataran parkir Gedeng Pemban (ial).

Segenap hadirin menyimak pituah Mamiq Azhar

Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *