Tancap Gas, MAS Bicara Hadirkan Corak Budaya Sasak di Gelaran MotoGP

Ketua MAS berdiskusi bersama Kadispar dan Kadispora NTB

(Rabu, 28/12/2021) Ketua BP MAS, Lalu Bayu Windia menghadiri undangan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam kegiatan diskusi terpumpun mengenai rencana perhelatan gelaran balapan MotoGP di bulan Maret 2022 mendatang. Bayu menjelaskan bahwa undangan ini merupakan hasil komunikasi sebelumnya dengan Kadispar NTB beberapa hari sebelumnya pasca keluarnya Resolusi MAS tahun 2022 yang mengamanahkan agar mendorong kemunculan corak kebudayaan Sasak di gelaran bertaraf dunia ini. Kami ingin tancap gas agar agenda-agenda kerja di tahun 2022 dapat segera tercapai, imbuhnya.

Saat diberikan kesempatan menyampaikan gagasannya, Ketua BP MAS meminta komitmen seluruh stakeholder untuk mendorong pengarusutamaan khasanah kebudayaan Sasak di ruang-ruang publik. Kolaborasi kami dengan PT. Angkasa Pura saat produksi rekaman pemandu suara di bandara merupakan salah satu wujudnya. Bayu juga bercerita bahwa pihaknya tengah menjalin komitmen dengan salah satu hotel berbintang di Lombok untuk produksi musik pembangun atmosfir yang akan digunakan di lingkungan hotel. Terkait MotoGP, Bayu meminta pihak ITDC yang hadir agar membahas kemungkinan menghadirkan fitur budaya Sasak di arena balapan, tentunya dengan mengikuti standar keamanan dan operasional pihak-pihak yang berwenang. Bayu yakin, hal ini akan menjadi nilai tambah bagi semua pihak, termasuk bagi Dorna maupun ITDC yang berbisinis di kawasan Mandalika Resort. Bayu juga bahkan siap mendampingi pemerintah daerah dalam hal membangun suasana khas sejak dari pintu kedatangan di bandara.

Suasana diskusi terpumpun persiapan sambut MotoGP Dispar NTB

Kepala Dinas Pendidikan, Yusron Hadi, dalam paparannya menyebutkan kurangnya corak kebudayaan lokal sebagai salah satu hasil evaluasi dari kegiatan WBSK sebelumnya. Untuk itu, baginya usulan dari Ketua MAS sangat bagus dan dapat membangun citra baik pariwisata NTB. Yusron juga menyampaikan beberapa butir rumusan arah kebijakan guna mendorong kesuksesan gelaran di bulan Maret 2022. Untuk itu, dia mengundang semua pihak berpikir bersama-sama dan mengupayakan sebaik-baiknya melalui pengelolaan destinasi, promosi, dan atraksi. Kami akan buka posko layanan terpadu yang akan membantu para pelancong yang datang, imbuhnya.

Fahri, perwakilan manajemen ITDC yang mejadi narasumber dalam diskusi menyampaikan beberapa skema kerja perusahaannya dalam rangka MotoGP Mandalika 2022. Pihaknya telah mendelegasikan segala urusan balapan, bisnis, dan promosi pada subsistem yang telah terbentu. Sedangkan kami akan fokus mengelola hal-hal di luar itu, tambahnya. Dirinya menyambut baik inisiatif pertemuan hari itu guna memastikan seluruh stakeholder bersama-sama menyukseskan gelaran yang akan mengharumkan nama Indonesia. Ia menegaskan bahwa event-event internasional yang dijalankan di kawasan Mandalika Resort adalah wajah Indonesia, bukan hanya daerah. Daya dukung pemerintah pusat dan daerah sangat banyak membantu proses bisnis yang terjadi di kawasan, khususnya terkait gelaran balap motor paling bergengsi ini.

Ketua BP MAS berdialog dengan pelaku pariwisata
Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *