Beberoq, Makanan Penggugah Selera Khas Sasak

Selain warga Sasak mungkin banyak yang belum akrab dengan kata beberoq. Makanan tradisional khas suku Sasak ini hampir mirip dengan sambal matah, namun bahan dan cara mengolahnya ternyata sangat berbeda. Jika sambal matah hanya terbuat dari bumbu dapur saja yang dicincang halus kemudian disiram dengan minyak goreng panas dan siap untuk di sajikan, lain halnya dengan beberoq. Makanan ini pada dasarnya sambal khas masyarakat Sasak yang berbahan dasar bumbu dapur dan sayuran. Sayuran yang biasa digunakan juga bukan jenis yang mempunyai daun, melainkan jenis yang berupa buah maupun biji-bijian.

Beberoq antap

Beberoq ada yang terbuat dengan bahan dasar kacang panjang atau dalam bahasa Sasak disebut dengan beberoq antap. Kacang panjang yang telah di potong kecil-kecil dan tipis tipis kemudian dicampur dengan bumbu beberuq atau ragi istilah dalam bahasa Sasaknya. Bumbu itu terdiri dari bawang putih yang di haluskan, tomat di iris tipis- tipis atau bisa juga dicincang sesuai selera. Lebih nikmat apabila dicincang halus kemudian tidak lupa daun jeruk purut “daun limo” yang sudah di iris kecil-kecil dan ditambahkan perasan air jeruk nipis untuk menambah aroma yang menggugah selera untuk segera mencicipinya. Eits, jangan buru-buru dimakan karena rasanya masih seperti jus buah. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Sedangkan cabe yang digunakan juga dicincang halus. Jumlah cabe bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya beberoq mempunyai cita rasa yang pedas, asam, dan segar. Bahan yang digunakan juga masih segar dan tidak perlu digoreng maupun ditambahkan minyak panas.

Beberoq terong

Selain kacang panjang, beberoq juga mempunyai bahan yang beraneka ragam. Misalnya, ada yang terbuat dari terong hijau yang berbentuk bulat. Namun, bisa juga berasal dari terong bulat berwarna ungu maupun terong hijau dan ungu yang panjang. Yang membedakan hanyalah, apabila terong yang berukuran panjang harus terlebih dahulu dibakar agar mengurangi rasa langu dan getah yang ada dalam terong tersebut. Selain terong, mentimun juga bisa digunakan sebagai beberoq karena rasanya yang segar serta lebih meningkatkan nafsu makan karena bau khas dari mentimun.

Penulis: Bidari Andaru Widhi (mahasiswa pascasarjana UNDIKMA)

Narasumber: Bapak Mahsun pedagang nasi bungkus daun depan RSUD Kota Mataram

Foto: penulis

Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *