Salah Satu Putra Terbaik SaSak Manjadi Profesor di UIN Mataram

Bagi yang begitu indah menyambut salah satu putra terbaik Sasak yang akan dikukuhkan menjadi guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam di Universitas Islam Mataram. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan, mengingat capaian Guru Besar merupakan capaian gelar akademis tertinggi dalam bidang ilmu pengetahuan.

Beliau ditasbihkan menjadi Guru Besar di bidang Sejarah dan Peradaban Islam tentu hal ini menjadi hal yang sangat luar biasa bagi bangsa Sasak, mengingat kita selalu mengalami ketidak beruntungan ketika berbicara tentang sejarah bangsa Sasak sendiri. Banyak dari kita yang mengeluh, mengapa sejarah Bangsa Sasak banyak ditulis oleh orang luar Sasak. Keluhan ini terjawab sudah pada oleh Profesor Jamaluddin.

Orasi Ilmiah Profesor Jamaluddin, MA

Dalam orasi Ilmiyah yang beliau paparkan, yaitu tentang pentingnya kita dalam mempelajari sejarah kita sendiri dengan sudut pandang yang lebih ilmiah (mengikuti metodologi yang sesuai). Profesor Jamal banyak mengkaji naskah-naskah baik itu naskah lontar maupun naskah yang terbuat dari kertas yang berkaitan dengan Islam di Gumi Sasak ini. beliau memiliki sudut pandang kesejarahan dimana beliau dapat memetakan alur Islam yang ada dan beredar di tengah-tengah masyarakat saat ini.

Prosesi pengukuhan Profesor Jamaludin, MA oleh Rektor UIN Mataram
Profeor Jamaludin berpose dengan Rektor UIN Mataram
Kata Sambutan mengawali pengukuhan Guru Besar Dr. Jamaluddin MA

Semoga keteladanan dan keuletan yang beliau miliki dapat menjadi panutan bagi generasi penerus untuk terus berjuang meraih cita-cita. Semoga ini menjadi momentum kita bersama untuk terus mengkaji khasanah keilmuan Bangsa Sasak, sehingga seluruh yang kita miliki dapat kita maksimalkan untuk ikut meramaikan kahasanah keilmuan Dunia.

Ucapan Selamat Kepada Profesor Jamaluddin dari MAS

Admin

BP_MAS

Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *