MAS dan DHARMA WANITA NTB BAGI MASKER KE PASAR-PASAR

(Kamis, 16/04) Wabah Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, khususnya Pulau Lombok, dikhawatirkan oleh banyak pihak akan menimbulkan dampak sosial-ekonomi yang dahsyat di masyarakat.

DWP Provinsi NTB, menyerahkan bantuan masker kepada Anggota Sekep Sasak untuk dibagikan kepada masyarakat

Agar memastikan kegiatan ekonomi tidak lumpuh, Pemerintah Daerah Kota Mataram masih membuka pasar tradisional yang ada di wilayahnya agar tetap beroperasi. Kebijakan ini tentu harus dibarengi dengan upaya penyadaran pencegahan penyebaran wabah Covid-19 kepada para penjual, buruh, dan pengunjung pasar, termasuk pula para penyedia jasa transportasi tradisional cidomo yang masih banyak beroperasi di sekitar pasar.

Anggota Sekep Sasak, membagikan masker kepada para kusir cidomo

Menyadari rentannya penyebaran virus terjadi di pasar-pasar tradisional, Pengurus Dharma Wanita Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan Badan Pelaksana Majelis Adat Sasak (BP-MAS) membagikan masker gratis bagi masyarakat yang beaktivitas di empat titik pasar di Mataram. Bertempat di kantornya, Ketua Dharma Wanita NTB bersama jajarannya melakukan serah terima logistik bantuan kepada tim relawan dari BP MAS. BP MAS menugaskan beberapa anggota Sekep Sasak salah satu kelompok pemuda binaannya untuk turun langsung ke seluruh lokasi. Kegiatan distribusi difasilitasi penuh oleh Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menurunkan personil dan kendaraan operasional.

Perwakilan Ibu DWP Provinsi NTB, memberikan pengarahan kepada anggota Sekep Sasak

Sebelum berangkat ke lokasi sasaran, tim relawan Sekep Sasak diberikan arahan oleh pimpinan Dharma Wanita NTB dan Wasekjen BP MAS, Dr. Lalu Ari Irawan. Dalam aksi bagi-bagi masker, para relawan menggunakan masker dan sarung tangan guna menghindari risiko di tengah kerumunan.

Para relawan dari anggota Sekep Sasak dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB ketika mendistribusikan bantuan masker kepada pedagang di pasar

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dharma Wanita NTB, Ny. Hj. Lale Prayatni L. Gita Aryadi menyampaikan bahwa pihak Dharma Wanita NTB akan terus mengupayakan pengadaan logistik bantuan terkait pencegahan penyebaran Corona dan juga dampaknya secara sosial-ekonomi. Hal tersebut direspon Ketua BP MAS, Drs. Lalu Bayu Windia, M.Si. dengan pernyataan kesiapan pihak BP MAS untuk terus bersinergi dengan semua pihak, khususnya Dharma Wanita NTB.

Dr Lalu Ari Irawan (berbaju merah) dan Ibu perwakilan DWP NTB, memberikan pengarahan kepada anggota Sekep Sasak

Bayu yang juga Kepala Dinas Perhubungan NTB menyampaikan juga bahwa BP MAS juga tengah melaksanakan aksi Besiru, yaitu aksi berbagi kepada masyarakat.

Ketua BP-MAS berdiskusi (Batik merah masker biru) dengan Ketua DWP NTB (batik biru jilbab putih)

Sementara ini, kami sudah mulai membagikan paket bantuan bahan pokok dan masker kepada masyarakat. Fokus sasaran kami adalah masyarakat pelaku dan pegiat budaya yang juga mengalami masa sulit akibat larangan kegiatan-kegiatan budaya yang melibatkan banyak orang di masyarakat. Misalnya, kami menyasar para pedagang gule gending, seniman tradisi, pegiat tradisi, dan lain-lainnya. Kami juga tengah menyusun program yang lebih luas dan sistematis guna turut serta menekan dampak pandemic Covid-19 ini, pungkasnya (ial).

Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *