PERMAINAN BOLA KASTI

anak-anak sedang asyik bermain kasti di lapangan

Permainan bola kasti adalah salah satu permainan bola kecil. Jenis olahraga ini termasuk kategori olahraga masyarakat. Masyarakat biasa memainkannya pada waktu senggang, terutama oleh anak atau murid di sekolah. Olahraga tradisional ini termasuk jenis olahraga yang banyak diminati anak-anak remaja karena diyakini dapat meningkatkan ketangkasan dan kekompakkan regu atau pemain. Permainan bola kasti biasanya dilakukan pada waktu sore hari. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapapun. Peralatan yang dibutuhkan  dalam permainan ini, antara lain kayu pemukul, tiang (base), bola tenis, dan peluit. Durasi pelaksanaan pembelajaran motorik hasil modifikasi permainan tradisional ini yaitu dua puluh menit.

Cara bermainnya cukup sederhana. Pemukul masuk ke ruang memukul dan melakukan dribbel bola kasti ke bawah beberapa kali. Pemukul kemudian melambungkan bola sendiri dan memukulnya dengan keras. Bila pukulannya tidak mengenai bola, maka pemain mengulang kembali sampai pemain dapat memukulnya dengan tepat. Setelah berhasil memukul, pemain kemudian segera berlari ke base yang sudah ditentukan sebagai ruang hinggap sementara untuk mendapatkan posisi aman dari lemparan tim lawan. Tetapi bila pemain takut, pemain boleh kembali ke ruang memukul untuk menunggu kesempatan yang baik. Pemain tim lawan yang berdiri di lapangan berusaha untuk menangkap bola dan mencoba melempar bola ke kotak bom yang sudah disediakan agar mematikan lawan. Jika kotak bom kena lemparan sebanyak 5 kali, maka tim lawan mendapatkan kesempatan menjadi pemukul. Setiap tim berusaha untuk memberikan permainan terbaik sehingga memunculkan kompetisi yang bersifat rekreatif. Setiap pemain berusaha untuk memukul bola dengan tepat dan sejauh mungkin sehingga tim lawan tidak bisa menangkap bola yang dipukul. Pemain pemukul saling memberikan dukungan saat timnya berusaha untuk kembali ke kotak memukul, biasanya dengan memberikan tepuk tangan yang meriah dan kata-kata yang positif sehingga peserta semakin bersemangat dalam melakukan aktivitas dalam bermain.

Tujuan permainan tradisional bola kasti bagi pendidikan jasmani yaitu melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa. Selain juga dapat mengembangkan berbagai macam fungsi tubuh, meningkatkan sikap sportivitas antarpemain, meningkatkan pengetahuan peraturan permainan, mengembangkan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi, menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik, belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas, mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas suatu permainan, dan mendapatkan olahraga yang murah meriah.

Kontributor : Muzakkir

Sumber : Buku Model Pembelajaran Motorik Dengan Menggunakan Modifikasi Permainan Tradisional Untuk Sekolah Dasar Kelas Atas ( Hasbi, M.Or.)

Sumber Foto: COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Kinderen_spelen_honkbal_op_een_voetbalveld_Celebes_TMnr_10029354.jpg ‎(700 × 484 pixels, file size: 86 KB, MIME type: image/jpeg)

Bagikan ke Media Sosial anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *